Polling

Bagaimanakah kinerja instansi pemerintah daerah di Kabupaten Kebumen ?
Sangat Baik
Baik
Cukup
Tidak Tahu

Submit Lihat Hasil Polling

Berita / Informasi / Detail

Dihadiri oleh Kasi PM Kecamatan se-Kebumen beserta pendamping.
Dinarasumberi oleh TA (Tenaga Ahli) Dispermades P3A Kebumen.
Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks,
yaitu Indeks
1. Ketahanan Sosial
2. Ketahanan Ekonomi
3. Ketahanan Ekologi/Lingkungan
Indikator dalam Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta meningkatkan kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa.
Adapun penjelasan mengenai aplikasi seluler yang diluncurkan oleh Kemendes PDTT yaitu Aplikasi Desa Melawan COVID-19 (eDMC) & e-Human Development Worker (e-HDW). Aplikasi eDMC adalah aplikasi yang akan digunakan oleh Tim Relawan Desa Melawan Covid-19 di masing-masing Desa untuk melakukan update informasi tentang kondisi Desa saat ini ditengah pandemi. Sedangkan aplikasi eHDW merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membantu Kader Pembangunan Masyarakat (KPM) dalam mengawal kegiatan untuk percepatan pencegahan stunting di tingkat Desa.
Dalam hal ini, meskipun situasi lingkungan/daerah sedang dilanda wabah covid-19, tetap diharapkan gerakan desa membangun ini bisa terus berjalan, agar hasil maksimal IDM ini bisa terwujud demi kesejahteraan dan kemandirian desa.